19 September, 2008

Era Baru Pembiayaan Perumahan & Apartemen

Pembiayaan perumahan dan apartemen (KPR dan KPA) melalui lembaga multifinance merupakan sebuah langkah strategis dalam membangun dan mengembangkan pasar sekunder pembiayaan perumahan (PSPP) yang selalu didominasi oleh kalangan perbankan.


"Selama ini masyarakat hanya mengenal multifinance sebagai lembaga pembiayaan kendaraan bermotor saja. Dengan meningkatnya pasar properti, sekarang ini merupakan momentum yang tepat untuk menyatakan bahwa multifinance pun bisa membiayai sektor properti," ujar Benny Haryanto, Direktur Utama Ciptadana Multifinance saat menandatangani perjanjian kerjasama pembelian unit apartemen The St. Moritz Penthouse & Residence, di Jakarta (28/8) yang lalu.


Lebih lanjut Benny menyatakan, terus meningkatnya permintaan masyarakat akan unit-unit properti, telah membuat pembiayaan kredit di sektor ini lebih menarik dibandingkan dengan kredit kendaraan bermotor. Apalagi, perusahaan pembiayaan juga sudah memiliki infrastruktur perkreditan yang baik sehingga penanganan KPR/KPA akan lebih mudah dilakukan karena unit properti merupakan barang tidak bergerak.


“Dengan adanya sinergi antara bank dan lembaga non bank (multifinance) sebagai penyalur KPR dan KPA, diharapkan dapat menciptakan efisiensi industri pembiayaan perumahan sekaligus juga memberikan kemudahan bagi konsumen dengan semakin banyaknya pilihan pembiayaan yang tersedia,” tambah Benny lagi.


Naskah & Foto : Feri Awan Hidayat

Tidak ada komentar: