10 Desember, 2007

PGP Peroleh Dukungan Perbankan untuk Kebagusan City


PT Perdana Gapuraprima Tbk (PGP) memperoleh dukungan perbankan untuk penyediaan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) bagi Kebagusan City, yang merupakan proyek rumah rusun (hunian vertical) kelas menengah di Jakarta Selatan.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk Penandatanganan Kerjasama Penyediaan KPA antara PGP dengan Bank Mandiri, BTN, Bank Niaga, BII, Bank DKI, Bank NISP, Bank Mega, Bank Syariah Mandiri dan Bank Bukopin. Acara penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PGP Rudy Margono, bersama perwakilan bank, disaksikan oleh Menteri Negara Perumahan Rakyat, Yusuf Asy’ari betempat di Bellezza Permata Hijau, Jakarta (3/12).

Kebagusan City dibangun PGP untuk mendukung program pengadaan 1000 menara rumah susun sederhana. Proyek berada di jalan Baung, Kebagusan Raya, Jakarta Selatan dengan rencana total luas area 10 hektare dan terdiri dari 15.000 unit apartemen dalam 17 menara. Pada tahap pertama akan dibangun dua menara yang direncanakan akan selesai pada akhir 2008.

Menurut Menteri Negara Perumahan Rakyat, Yusuf Asy’ari, Kebagusan memang didorong untuk dijadikan kawasan untuk rumah susun selain Kemayoran, Rawasari dan Cengkareng. “Tanah-tanah milik BUMN yang bukan merupakan core business-nya akan dijadikan lahan program seribu rusun,” tambah Yusuf.

Kebagusan City merupakan proyek PGP yang pendanaannya didukung oleh hasil penawaran umum saham perdana (IPO) Perseroan Oktober lalu. PGP mengalokasikan dana sebesar Rp200 miliar untuk penyelesaian tahap pertama.

“Dari sisi kontruksi, kami telah memulai pengerjaan leveling tanah serta pembangunan infrastruktur jalan dan saluran air. Walaupun pembangunan konstruksi baru akan dimulai pada Januari 2008, saat ini Kebagusan City sudah terjual satu menara. Dengan adanya dukungan fasilitas KPA dari beberapa bank ini, kami harap dapat mencapai penjualan lebih dari 80% saat pembangunan kontruksi dimulai awal,” ucap Rudy.


Naskah : Feri Awan Hidayat
Foto : Istimewa