14 Agustus, 2007

Procon : Pasar Kondominium Masih Terbuka


Besarnya pasar yang belum tergarap dan masih kurangnya pasokan kondominium dan apartemen sebagai tempat hunian, membuat gairah pengembang bisnis properti untuk membangun proyek di subsektor ini masih sangat menjanjikan.
Hal ini tergambar dari paparan data pasar properti yang dikeluarkan oleh Procon beberapa waktu lalu. Procon mengeluarkan data ‘Jakarta Quarterly Property Market Review’ kuartal kedua 2007 yang menyatakan pasar kondominium yang ada di Jakarta masih cukup terbuka.
Menurut survey dan pengumpulan data yang dilakukan Procon, selama kuartal II 2007 performa pasar kondominium menunjukkan kecendrungan yang menguat, seperti pada kuartal I. Hal ini berdasarkan pasokan kumulatif yang bertambah 3.575 unit, dimana terjadi kenaikan ,3 % menjadi 54.284 unit, yang terdiri dari 52.807 unit apartemen strata-title dan 1.904 rumah bandar strata.
Adapun pasokan baru yang terjadi di kuartal II berasal dari Rasuna 18th (Soth Tower, 375 unit), Pearl Garden (195 unit), Senayan Residence Tower 3 (120 unit), Jakarta Residence (Cosmo Mansion dan Cosmo Residence, 627 unit), Akasia Tower CBD Pluit (256 unit), French Walk Paris Garden Tower (200 unit) dan Gading Riverview City Home (688 unit) serta Serpong Resort Apartment (Maui Tower 616 unit).

Aktivitas Penjualan Stabil
Untuk aktivitas penjualan di pasar primer, Procon menyatakan pada proyek-proyek existing terjadi penurunan selama periode ini. Adanya penawaran proyek-proyek yang direncanakan dalam jumlah besar dengan harga bersaing, serta potongan harga pada priode pre-sales mengakibatkan penurunan penjualan terutama untuk proyek yang sudah lama.
Meski begitu, respon pembeli tetap kuat terhadap proyek-proyek pre-sales, khususnya untuk proyek yang menawarkan kualitas baik, harga yang memadai dan lokasi-lokasi yang strategis. Apalagi, menurut data Procon disebutkan juga bahwa tingkat penjualan pre – sales dari pasokan mendatang tercatat angka 73,4 % yang berarti terjadi kenaikan sebesar 2,2 % dari angka 71,2 % pada kuartal sebelumnya.

Naskah & Foto : Feri Awan Hidayat