28 November, 2007

Holcim Award Kembali Digelar


Holcim Foundation for Sustainable Construction, sebuah yayasan independen yang menjadi wadah promosi konstruksi berkelanjutan, kembali menggelar kompetisi bertajuk Holcim Awards. Kompetisi hasil karya berupa proyek sustainable constructions ini akan memperebutkan total hadiah 2 juta dolar AS untuk para pemenangnya.

“Penghargaan ini merupakan merupakan prakarsa Holcim Foundation di Swiss guna mengajak dan memberi inspirasi pada pembangunan berdasarkan lingkungan untuk lebih maju sebagai tantangan agar terus berkelanjutan,” ucap Edward Schwarz, General Manager of Holcim Foundation, ketika memberikan keterangan di Hotel J.W.Mariott, Jakarta (27/11)

Lebih lanjut Edward menjelaskan, Holcim Awards merupakan kompetisi bertaraf internasional, terbuka untuk siapapun yang terlibat dengan berbagai proyek bidang sustainable construction seperti arsitek, perencana, insinyur atau pemilik proyek.

Menurut Edward, kompetisi ini melihat akan meningkatkan pemahaman akan kontruksi yang berkelanjutan secara global dengan menyediakan hadiah yang sangat berarti dan pengakuan internasional pada tim yang memenangkannya.

Sementara itu, Alex Buechi, Sustainable Construction Manager Holcim Indonesia menyatakan, Holcim Indonesia sendiri mempelopori nilai-nilai kontruksi berkelanjutan melalui Sustainable Construction Departement yang secara aktif memperkenalkan kontruksi yang berkelanjutan di pasar dan dapat dipraktekkan di tempat kerja.

“Sejak Holcim Award diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003, Holcim Award ditujukan untuk memberikan dasar pengetahuan tentang kontruksi berkelanjutan bagi praktisi, akademisi dan pelajar,” jelasnya lagi.

Sebagai bagian dari komitmen Holcim Indonesia, rangkaian kegiatan telah diadakan melalui kampanye dan road show. Dengan target 9 universitas di 4 kota besar di Jawa. Kampanye ini dilakukan untuk merangsang masyarakat untuk memikirkan masa depan yang lebih baik.

Selama kampanye, Holcim Indonesia menyediakan beragam informasi dalam bentuk media cetak kepada peserta tentang pembangunan kantor di Costa Rica, Pusat penelitian di Swiss dan buku Sustainable Constratruction Seri Rumah Ide karya Imelda Akmal.


Naskah : Feri Awan Hidayat
Foto : Istimewa